Friday, March 10, 2017

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ)


DEAR ALL, 
Bagaimana kabar adik-adik semua? Semoga tetap sehat dan semangat ya :)

Sebagai tindaklanjut dari banyaknya pertanyaan, disini kami ingin memaparkan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang sering dan berulangkali ditanyakan oleh calon peserta dan peserta.

-TENTANG PROGRAM-

Q: Kakak, sebenernya program yang ditawarkan ini program apa ya?
A: Kita menawarkan program pertukaran budaya untuk para anak muda yang memiliki potensi dan kemampuan untuk bisa berangkat ke luar negeri dan mempelajari budaya di sana serta memperkenalkan budaya Indonesia

Q: Calon peserta ini siapa ya kak?
A: Yang bisa mengikuti program adalah siswa-siswi WNI yang saat ini sedang bersekolah di bangku kelas X di SMA/MA/SMK/sederajat :)

Q: Untuk program yang ditawarkan tahun ini ada apa aja ya kak?
A: Untuk tahun 2016, ada program AFS dan YES yang durasi programnya setahun, in sya Allah tahun ini juga ada SHORT PROGRAM beberapa minggu ke negara-negara di Eropa :D

Q: Beda program YES sama AFS apa ya kak kalau boleh tau?
A: Untuk program AFS, adik bisa milih negara tujuan dari negara yang ditawarkan, kita ada dari negara di Asia Tenggara, Eropa, sampai Amerika Utara dan Selatan. kalau program YES, negara tujuan hanya Amerika Serikat.

Bedanya lagi, program YES adalah beasiswa penuh, jadi adik tidak perlu membayar pengeluaran kecuali pengeluaran pribadi seperti vaksin dan paspor, sedangkan AFS adalah program beasiswa parsial, jadi masih ada biaya program yang harus ditanggung adik sebagiannya, tapi dari cerita yang dulu-dulu, bisa kok dapat sponsor untuk meringankan biaya.

Q: Kalau short program itu gimana ceritanya kak?
A: Untuk short program, ini adalah program yang durasinya hanya beberapa pekan, dan ini setiap tahun berubah, jadi tunggu info pastinya ya ;)

Q: Terus kalau misalnya berangkat, di sana ngapain kak?
A: Nanti adik akan tinggal dengan keluarga angkat disana, kita biasa memanggilnya host family, disana nanti adik bersekolah di sekolah yang disesuaikan dengan kebutuhan adik, dan adik akan mempelajari budaya dan bahasa mereka langsung dengan tinggal bersama mereka. asyik kan? :)

Disana nanti selain bersekolah, adik juga akan ada tugas untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada mereka, bisa lewat presentasi atau pentas seni, sesuai kreatifitas dan kemampuan adik di sana. Dan selagi di sana, adik juga bisa ikut aktivitas-aktivitas di luar sekolah yang mungkin selama ini cuma bisa dilihat di film-film. hehe

Q: Kak, saya ingin ikut tapi bahasa Inggris saya nggak bagus kak, gimana dong?
A: Nanti kalau adik ikut seleksi dan terpilih, kita bakal review kemampuan bahasa asing adik dulu kok; dan kalau misalnya perlu ditambah, kita ada fasilitas belajar bahasa asing yang nanti akan dibiayai/diganti dari Bina Antarbudaya :)

Q: Oke kak, kalau mau daftar gimana?
A: Adik bisa beli pin dan mengisi formulirnya online dan verifikasi. Untuk lengkapnya, ada di postingan di bawah, atau kalau bingung, bisa menghubungi CP yang ada :)

Q: Kak, ada temen saya ingin daftar juga tapi tanggal kelahirannya kelewatan sehari dari batas, apa masih bisa? :(
A: Maaf ya dik, kalau aturan terkait tanggal bulan tahun kelahiran itu sudah nggak bisa diapa-apakan, karena itu aturan dari sananya, kalau meleset seharipun itu bukan dalam wewenang kami, tolong disampaikan mohon maaf ya :(

Q: kakaak, kalau saya masih ada pertanyaan terkait proses registrasi gimana dong?
A: Untuk pertanyaan bisa ngontak kakak-kakak CP yang baik hati, nanti pasti dijawab, tapi mohon maaf kalau agak tersendat ya, karena CP yang tersedia juga kadang masih ada pekerjaan lain saat itu :)

nanti kita juga akan posting FAQ tentang administrasi dan seterusnya, jadi pantengin terus blog kita ya, karena setelah ini informasinya akan diupdate terus :))


Share:

0 comments:

Post a Comment

ybachaptermalang.blogspot.co.id