Sunday, May 13, 2012

Frequently Asked Question (FAQ)


Q: Kak, bagaimana cara untuk mengetahui saya lolos atau tidak dalam seleksi AFS Tahap 1?
A: Kunjungi website resmi Bina Antarbudaya www.seleksi.bina-antarbudaya.info masukkan no peserta dan tempat, tanggal lahir kamu. Atau cek nama kamu di official blog chapter Malang www.ybachaptermalang.blogspot.com. Follow juga twitter kami www.twitter.com/ybamalang dan like Facebook Fanpage kami: www.facebook.com/ybamalang.

Q: Kak, setelah saya lolos apa yang harus saya lakukan?
A: Lengkapi berkas-berkas yang telah kami umumkan ketika Seleksi Tahap 1 kemarin. Jika kamu lupa untuk mencatat, silakan kunjungi official blog chapter Malang www.ybachaptermalang.blogpsot.com. Setelah melengkapi berkas-berkas tersebut, segera lakukan DAFTAR ULANG sesuai dengan tenggat waktu yang tertera di blog kami.
  
Q: Kak, kemarin ada kesalahan dalam pengisian data. Apakah saya bisa melakukan perubahan pada data saya?
A: Ya, bisa. Silakan login dengan akun Adik di www.seleksi.bina-antarbudaya.info dan manfaatkan fasilitas "Edit Formulir". Setelah itu, simpan datamu dan jangan lupa untuk mencetak Transkrip Formulir Pendaftaran dengan cara "Unduh". Adik tidak bisa melakukan perubahan pada data. Yang dapat Adik lakukan adalah mencetak Transkrip Formulir Pendaftaran dengan cara "Unduh", kemudian lakukan perubahan secara manual (bolpoin) dan ketika wawancara harap dijelaskan pada tim pewawancara.

Q: Kak, mengapa di chapter Malang dibagi menjadi tiga gelombang di minggu-minggu yang berbeda?
A: Oleh karena wilayah kerja kami yang cukup luas dan jumlah relawan yang terbatas, maka kami memutuskan untuk membagi menjadi tiga gelombang. Seleksi Tahap 2 adalah wawancara, sehingga dibutuhkan waktu yang cukup bagi kami untuk menggali kepribadian para peserta, sehingga jumlah peserta di tiap minggunya pun juga kami batasi agar dapat memberikan hasil yang optimal.

Q: Kak, pengumumannya kok juga bertahap?
A: Adik, kita misalkan seperti ini. Untuk region Madiun, Seleksi Tahap 2 diadakan pada tanggal 20 Mei 2012 dan pengumuman kelolosan pada 13 Mei 2012, artinya waktu persiapan mereka hanya seminggu. Nah, bila kami mengumumkan peserta region yang lain pada 13 Mei 2012, dapat dipastikan waktu persiapan mereka lebih panjang. Oleh karena itu, kami mengambil kebijakan ini.

Q: Kak, jika saya tidak melakukan daftar ulang, apakah saya tetap bisa mengikuti Seleksi Tahap 2?
A: Tidak bisa.

Q: Kak, Seleksi Tahap 2 itu apa saja sih?
A: Wawancara kepribadian dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Q: Kak, berapa lama waktu wawancaranya?
A: Wawancara kepribadian antara 30-45 menit. Bahasa Inggris antara 15-30 menit.

Q: Kak, siapa sajakah pewawancara itu?
A: Kami merekrut para relawan yang berkompeten di bidangnya, seperti dosen, psikolog, ataupun mahasiswa dari keilmuan terkait seperti psikologi, bahasa Inggris. Kami telah memberikan pembekalan dan pelatihan bagi relawan-relawan tersebut, sehingga dapat dipastikan profesional dan berkompeten.

Q: Kak, apa sajakah yang perlu dipersiapkan untuk Seleksi Tahap 2?
A: Kartu tanda peserta (jangan dilaminasi), pakaian formal (laki-laki: atasan kemeja, bawahan: celana non-jeans, perempuan: atasan kemeja, bawahan: rok non-jeans). Jika adik-adik ingin memakai seragam, sangat disarankan. Jika kalian ingin berpartisipasi dalam National Book Drive, silakan membawa buku bekas ke lokasi Seleksi Tahap 2.

Q: Kak, di seleksi wawancara apa saja sih yang ditanyakan?
A: Untuk wawancara kepribadian, kami ingin mengetahui karakter kepribadian Adik seperti apa. Jadi pertanyaan yang kami ajukan juga seputar kepribadian Adik. Sedangkan wawancara bahasa Inggris, kami ingin mengetahui sejauh mana kemampuan bahasa Inggris Adik.

Q: Kak, ada saran nggak untuk menghadapi Seleksi Tahap 2
A: Just be yourself.

Q: Kak, kapan sih pengumuman kelolosan Seleksi Tahap 2?
A: Dua minggu setelah Seleksi Tahap 2 dilaksanakan melalui website resmi Bina Antarbudaya www.seleksi.bina-antarbudaya.info , official blog kami www.ybachaptermalang.blogspot.com, twitter kami: www.twitter.com/ybamalang, dan Facebook Fanpage kami: www.facebook.com/ybamalang

Q: Jika ingin bertanya, kemanakah saya bisa menghubungi?
A: Kak Suta Wijaya (081347425070) atau Kak Arin (08970333617). No SMS!
Share:

1 comment:

  1. Kak saya udah ngisi forlumir tapi finalisasinya kok gagal terus kenapa ?

    ReplyDelete

ybachaptermalang.blogspot.co.id